Pedoman
Pedoman Konstruksi dan Bangunan Pd T-10-2004-B: Prediksi Kebisingan Akibat Lalu Lintas
Pedoman prediksi kebisingan akibat lal lintas ini dipersiapkan oleh Panitia Teknik Standardisasi Konstruksi dan Bangunan Jalan melalui Gugus Kerja Bidang Lingkungan dan Keselamatan Jalan pada Sub Pantek Standardisasi Bidang Prasarana Transportasi. Pedoman ini diprakarsasi oleh Pusat Litbang Prasarana Transportasi, Badan Litbang Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah. Model perhitungan prediksi kebisingan akibat lalu lintas dalam pedoman ini mengadop pada model, perhitungan tingkat kebisingan untuk jalan raya yang dikembangkan di Inggris yaitu Calculation of Road Traffic Noise (CoRTN). Kelebihan model CoRTN ini telah mengakomodir berbagai variabel seperti volume lal lintas, persen kendaraan berat, kecepatan lalu lintas rata-rata, gradien, jenis perkerasan, propagasi akibat jarak, efek pemantulan dan ada tidaknya bangunan peredam bising. Kajian secara utuh model CRTN belum dilakukan tetapi secara partial, pada tahun 1997 model pernah dicoba pada beberapa ruas jalan di kota Bandung dan menghasilkan faktor koreksi untuk Lio 1 jam adalah 0,6 dB(A) $ 2S, dimana S (standar deviasi) = 1,5 dB(A). Pedoman ini dimaksudkan sebagai acuan dalam perhitungan tingkat kebisingan yang diakibatkan oleh lalu lintas pada ruas jalan perkotaan maupun antar kota Pedoman ini memuat prosedur penghitungan tingkat kebisingan di ruas jalan yang diakibatkan oleh lalu lintas serta ketentuan-ketentuan umum maupun teknis berkaitan dengan pengukuran dan penghitungan parameter yang berpengaruh, evaluasi dan penyajian hasil serta penilaian dampak kebisingan dari variabel-variabel berpengaruh dalam model prediksi kebisingan.
0000000962 | R 658.4013 DEP p | Library Pusperkim (Folder 14) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain